Share

SEO Basic: Apakah CDN Pengaruhi SEO?

SEO Basic: Apakah CDN Pengaruhi SEO?

cdn-seo-website-3727097

Content Delivery Network atau CDN adalah sekumpulan server yang tersebar di berbagai lokasi dan berfungsi untuk menyajikan content statis menggunakan server terdekat dari visitor website. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu CDN, dan membahas apakah CDN itu dapat mempengaruhi SEO anda.

Fungsi dan Cara Kerja CDN

cara-kerja-cdn-server-3494053
Cara Kerja CDN Server

Pada dasarnya, CDN berfungsi untuk membuat cache static content. Static content diantaranya adalah file seperti HTML, CSS, Javascript, dan Image File (JPEG, PNG, WEBP). Beberapa format tersebut memang tidak melalui proses handling pada server, sehingga siapapun dapat mengaksesnya secara langsung. Maka dari itu, dengan menduplikasi konten statis ini ke CDN yang tersebar di seluruh dunia, maka anda akan mendapatkan keuntungan loading website yang jauh lebih cepat dengan latency yang rendah.

Kenapa Harus Pakai CDN?

Seandainya anda menggunakan hosting yang berada di Indonesia, maka sejatinya website hanya akan loading dengan cepat untuk visitor sekitar Indonesia saja. Namun bagaimana dengan visitor yang berada sangat jauh dengan server anda? Misalnya di Amerika atau di Afrika. Tentu saja mereka akan merasakan yang namanya long latency load time.

Long Latency Load Time sendiri adalah delay yang terjadi saat pengiriman paket data informasi dari komputer server hosting ke komputer visitor dalam bentuk respond to request.

Semakin jauh jarak antara server dan client, maka akan semakin tinggi latency load timenya. Maka dari itu, anda bisa menggunakan CDN untuk membuat beberapa static content di website anda menjadi lebih dekat lokasinya dengan visitor.

Apa Keuntungan Menggunakan CDN di Website?

Ada beberapa alasan utama seseorang menggunakan CDN di websitenya. Namun secara umum, CDN hanya digunakan untuk mengatasi masalah latency dan meningkatkan loading speed website saja. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan CDN.

  • Meningkatkan kecepatan website
  • Mengurangi Bandwidth cost
  • Meningkatkan Availability dan uptime
  • Improves security
  • Mengurangi latency respond and request
  • Mampu meningkatkan SEO

CDN Mampu Meningkatkan Speed Website

Fokus utama penggunaan CDN adalah dapat meningatkan kecepatan loading website dan mengurangi latency. Semua orang tentunya suka dengan website cepat. Tidak jarang, website owner juga menggunakan berbagai cara untuk membuat website mereka terasa lebih cepat. Selain itu, pada artikel sebelumnya saya juga telah menuliskan bagaimana kecepatan website dapat mempengaruhi SEO.

Google pun juga sudah konfirmasi bahwa Loading Speed adalah salah satu faktor penting SEO untuk bisa mendapatkan ranking di google search page result.

CDN Meningkatkan Security dan Availability

CDN terbukti dapat menjadi tameng pertahanan pertama atas serangan oknum tidak bertanggung jawab. Karena CDN memiliki cara kerja seperti proxy, tentu saja server hosting asli website anda tidak akan terkena dampaknya ketika seseorang menyerang website anda dengan metode seperti DDos.

Selain itu, CDN juga biasanya menyediakan fitur “Stay Online”. Sehingga pada saat server hosting anda down, CDN akan tetap dapat menyajikan cache halaman yang tersimpan.

Apakah Menggunakan CDN Mempengaruhi SEO?

SEO website anda tidak akan hancur saat menggunakan CDN. Bahkan mungkin, CDN dapat membantu website anda mendapatkan ranking yang lebih baik karena sekarang website anda terasa lebih cepat di seluruh dunia.

Dengan menginstall CDN, anda juga dapat menggunakan beberapa fitur teknologi terbaru seperti HTTPS dan HTTP/2 untuk handle content delivery process.

Namun sebelum anda menggunakan CDN, pastikan bahwa anda sudah mengimplementasikannya dengan benar. Secara overall, menggunakan CDN adalah sebuah pilihan yang sebenarnya wajib anda coba.

cloudflare-cdn-speed-test-2521896
Hasil Speed Test CDN Cloudflare di Website Kadalin.com

CDN Apa Yang Paling Bagus?

Ada banyak CDN provider yang bisa kalian pilih. Namun sebaiknya, gunakanlah CDN yang sudah terkenal seperti Sucuri CDN, MaxCDN, Azure, CloudFlare atau Site Accelerator dari Jetpack.

Kebanyakan CDN akan memberikan setup instruction yang mudah sehingga website anda dapat dengan cepat migrasi dan berjalan dalam hitungan menit.

Semoga bermanfaat!

%d bloggers like this: